MAKALAH KEANEKARAGAMAN PLANKTON

KEANEKARAGAMAN PLANKTON

(Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Planktonologi )




                                                         Disusun Oleh :
Muhamad Galih Prayoga
        (033041111003)


PROGRAM STUDI MANAJEMAN SUMBERDAYA PERAIRAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
2013

Definisi Plankton
Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.
Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk sejenis benda hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.
Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu.
Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.[1]

Apa itu  Plankton ?
Plankton adalah suatu organisme yang berukuran kecil yang hidupnya terombangambing oleh arus di laut bebas. Mereka terdiri dari makhluk-makhluk yang hidupnyasebagai hewan (zooplankton) dan sebagai tumbuhan (phytoplankton). Kecilnya ukuranplankton bukan berarti mereka adalah organisme yang kurang penting. Mereka merupakansumber makanan bagi ikan komersial yang penting yang hidup di lautan. Dengan kata lain,kelangsungan hidup ikan bergantung pada jumlah plankton yang ada. Ikan merupakansalah satu makanan penting bagi manusia, secara tidak langsung makanan yang kitamakanpun tergantung pada mereka.[2]
Phytoplankton
                 Phytoplankton adalah kelompok Plankton ( mahluk hidup uniseluler ) yang mengandung kloroplast/ klorofil pada selnya. Biasanya organisme ini berasal dari Cyanophyta ( ganggang hijau biru ) yang merupakan anggota kingdom Monera  dan Chlorophyta ( ganggang hijau ) yang merupakan anggota kingdom Protista ( Protista mirip tumbuhan/ algae/ ganggang.)
                  Di dalam ekosistem perairan Phytoplankton berperan sebagai produsen karena kemampuannya berfotosintesis membentuk cadangan makanan ( amylum ).Sifat fotosintesisnya menyerupai tumbuhan. Sehingga pada klasifikasi lama Cyanophyta dan Chlorophyta pernah dimasukkan dalam kelompok tumbuhan tingkat rendah Thallophyta.

Peranan Phytoplankton
                   Jika kita melakukan pengamatan mikroskopis pada sampel air dari kolam/ atau sungai,sepintas air tersebut nampak jernih. Namun setelah kita amati dengan mikroskop, disana banyak ditemukan sebentuk benda bulat, oval, benang dan bermacam-macam bentuk unik lain yang berwarna hijau atau hijau kebiruan. Itulah organisme kecil yang ternyata memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan mahluk hidup di dunia, Phytoplankton.
Selain telah disebutkan bahwa Phytoplankton merupakan produsen dalam ekosistem perairan, dan organisme uniseluler autotrof tersebut merupakan penyumbang 80% Oksigen di bumi.
Ternyata pengertian selama ini tentang penyumbang oksigen terbesar adalah tumbuhan kurang tepat. Berdasar penelitian terbaru, Phytoplankton-lah penyumbang oksigen terbesar.[3]

Zooplankton
Zooplankton merupakan anggota plankton yang bersifat hewani, sangat beraneka ragam dan terdiri dari bermacam larva dan bentuk dewasa yang mewakili hampir seluruh filum hewan (Nybakken,1992).[4]



[1] Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Plankton

[2] Sumber :  (Hutabarat, 1986)

[3] http://dunianyasari.blogspot.com/2010/12/phytoplankton.html
[4] http://zee-marine.blogspot.com/2011/06/laporan-zooplankton.html
MAKALAH KEANEKARAGAMAN PLANKTON MAKALAH KEANEKARAGAMAN PLANKTON Reviewed by Screamer on 03:45 Rating: 5

No comments:

a